√ Kunci Jawaban IPA Kelas 9 Halaman 47 48 49 Semester 1 Aktivitas 2.2 Buku Siswa - Noes
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kunci Jawaban IPA Kelas 9 Halaman 47 48 49 Semester 1 Aktivitas 2.2 Buku Siswa

Kunci jawaban IPA kelas 9 halaman 47 48 49 semester 1 - Pada mata pelajaran IPA dimana para peserta didik yang sedang menempuh di kelas 9 semester 1 atau khususnya pada modul di halaman 47 sampai dengan 49 ini nantinya akan ada begitu banyak penjelasan pada materi bab 1 tentang sistem reproduksi manusia.

Kunci Jawaban IPA Kelas 9 Halaman 47-49

Penjelasan materi pada bab 1 tersebut nantinya akan dijabarkan menjadi beberapa bagian. Beberapa di antaranya yaitu mengenai pembelahan sel, struktur dan juga fungsi sistem reproduksi manusia, hingga penyakit sistem reproduksi manusia beserta upaya untuk pencegahannya sendiri.

Selain itu, nantinya di dalam mata pelajaran ipa bagi peserta didik kelas 9 ini akan disediakan soal-soal mengenai sistem reproduksi pada manusia.

Bahkan, pembuatan Kunci Jawaban IPA Kelas 9 Halaman 47, 48, 49 Semester 1 pun juga tak luput dicantumkan agar nantinya para peserta didik mampu memahaminya dengan mudah.

Kunci Jawaban IPA Kelas 9 Halaman 47-49 Semester 1

Dengan kata lain, tujuan pembuatan kunci jawaban mata pelajaran ipa untuk peserta didik kelas 9 tepatnya di halaman 47 sampai dengan halaman 49 ini diharapkan mampu membuat mereka lebih mengerti secara detail tentang soal-soal yang berhubungan dengan sistem reproduksi pada manusia.

Lihat Juga :

Apalagi jika para peserta didik nantinya akan dihadapkan dengan soal lain tentang sistem reproduksi pada manusia dengan tingkat yang lebih sulit. Pastinya mereka mau tak mau harus siap untuk menghadapinya bukan? Untuk itu, kunci jawaban ini setidaknya menjadi pegangan dasar bagi mereka ketika mengerjakan soal-soal tersebut.

Nantinya peserta didik akan disediakkan lembar kerja uji kompetensi bab 1 tentang sistem reproduksi manusia. Hal ini tak lain untuk mengulangi materi yang ada pada bab 1 mengenai sistem reproduksi pada manusia tersebut.

Soal-soal yang disajikan tersebut tentunya diambil dengan mengambil acuan dari materi mata pelajaran ipa kelas 9 bab 1 mengenai sistem reproduksi pada manusia. Baik itu tentang pembelahan sel, struktur dan juga fungsi sistem reproduksi manusia, serta gangguan sistem reproduksi manusia.

Kunci Jawaban IPA Kelas 9 Halaman 47 48 49

A. Pilihan Ganda
Pilihlah jawaban a, b, c atau d dari soal di bawah ini!

1. Bagian testis yang berfungsi menghasilkan sperma dan horm0n testosteron disebut ....
A. epididimis
B. vas deferens
C. vesikula seminalis
D. tubulus seminiferous
Jawaban : D

2. Manakah pasangan alat repr0duksi laki-laki yang benar dengan fungsinya ....
A. skrotum berfungsi sebagai pembungkus testis
B. tubulus seminiferus berfungsi untuk keluarnya sperma
C. uretra berfungsi tempat pematangan sperma
D. vas deferens berfungsi untuk pr0duksi sperma
Jawaban : A

3. Manakah pernyataan yang benar tentang kromosom spermatogonium dan spermatozoa di bawah ini ....
A. spermatogonium bersifat diploid, spermatozoa bersifat haploid
B. spermatogonium bersifat haploid, spermatozoa bersifat diploid
C. spermatogonium bersifat diploid, spermatozoa bersifat diploid
D. spermatogonium bersifat haploid, spermatozoa bersifat haploid
Jawaban : A

4. Ovarium merupakan tempat terjadinya ....
A. fertilisasi
B. implantasi
C. pematangan ovum
D. perkembangan bayi
Jawaban : C

5. Pernyataan yang tepat tentang oogenesis adalah ....
A. oogenesis dimulai sejak bayi dilahirkan
B. hasil akhir oogenesis terdapat 1 ovum dan 3 badan polar
C. badan polar adalah hasil oosit sekunder
D. ketika bayi perempuan lahir sel telur di bentuk shingga fase oosit primer
Jawaban : B

6. Pada bayi perempuan baru lahir mengalami tahap oogenesis sampai pada fase ....
A. ootid
B. oogonium
C. oosit primer
D. oosit sekunder
Jawaban : C

7. Di bawah ini merupakan horm0n pemicu berkembangnya folikel dan penebalan dinding rahim adalah ....
A. LH dan FSH
B. LH dan estrogen
C. FSH dan progesteron
D. estrogen dan progesteron
Jawaban : C

8. Setelah proses fertilisasi akan terbentuk ....
A. janin
B. zigot
C. embrio
D. plasenta
Jawaban : B

9. Proses sel-sel epitel pada dinding rahim terjadi meluruh, Hal ini disebut ....
A. ovulasi
B. fertilisasi
C. implantasi
D. menstruasi
Jawaban : D

10. Perhatikan ciri-ciri penyakit di bawah ini!
1. Disebabkan oleh Treponema pallidum
2. Menyerang daerah sekitar kelamin
3. Berawal dari borok pada tempat masuknya bakteri
Gejala penyakit di atas merupakan ciri-ciri penderita penyakit ....
A. sifilis
B. gonore
C. HlV/AlDS
D. herpes simplex genitalis
Jawaban : A

B. Esai
Jawablah dengan benar pertanyaan berikut!

1. Jelaskan horm0n yang berperan dalam proses terjadinya menstruasi !

Proses terjadinya menstruasi pada wanita dimulai dari peran horm0n Estrogen dan progesteron. Horm0n ini berperan memicu dinding rahim agar menebal sehingga embrio akan melekat jika sel sperma membuahi sel telur. Apabila sel telur tidak dibuahi oleh sel sperma, maka korpus luteum akan berhenti untuk mempr0duksi horm0n estrogen dan progesteron. Ketika horm0n estrogen dan progesteron tidak dipr0duksi maka akan mengakibatkan rusaknya jaringan dinding rahim dan pecahnya pembuluh darah sehingga terjadilah menstruasi.

2. Bagian dari sistem repr0duksi pada mamalia antara lain terus. Jelaskan salah satu fungsi uterus!

Fungsi uterus sebagai organ repr0duksi pada mamalia yaitu menjaga dan melindungi bayi yang tumbuh. Fungsi lainnya dari uterus adalah tempat tumbuhnya embrio

3. Jelaskan bagaimanakah cara atau proses terjadinya penularan HlV/AlDS? Serta bagaimana cara pencegahan agar tidak tertular HlV/AlDS!

Penularan HlV/AlDS dapat terjadi jika seseorang kontak fisik secara langsung seperti bersinggungan dengan cairan yang berasal dari tubuh penderita. Cairan yang dimaksud dapat berupa: air mani, darah, dan air liur.

Adapun cara pencegahan yang dapat dilakukan adalah dengan tidak menggunakan jarum suntik yang sudah digunakan oleh orang lain, tidak melakukan pergaulan bebas, dan menggunakan benda-benda yang sudah di sentuh oleh penderita yang paling penting menggunakan masker ketika keluar rumah.

4. Lengkapilah skema spermatogenesis pada gambar dibawah ini!

Pada proses pembentukan spermatosit sekunder terjadi pembelahan pada meiosis. Sifat sel anakan hasil dari pembelahan meiosis tersebut adalah kromosom anak berjumlah separuh dari kromosom induk.

5. Jelaskan mekanisme horm0nal yang bertujuan untuk mempertebal mempertahankan ketebalan dinding endometrium!

Mekanisme horm0nal dimulai dari kelenjar hipofisis yang mempr0duksi horm0n FSH (follicle stimulating horm0ne). Horm0n FSH akan merangsang pertumbuhan folikel, folikel ini nantinya akan mempr0duksi horm0n estrogen. Terjadilah penebalan dinding rahim yang disebabkan oleh rangsangan horm0n estrogen. Pada waktu terjadi ovulasi, korpus luteum akan menghasilkan horm0n progesteron. Horm0n ini yang akan mempertahankan ketebalan dinding rahim sehingga dapat terjadinya implantasi. Pada saat terjadi kehamilan plasenta sudah terbentuk, maka plasenta ini yang menghasilkan HCG (human chorionic gonadotrophin). HCG ini memiliki fungsi mempertahankan korpus luteum agar tidak berdegenerasi.

Download Soal dan Kunci Jawaban IPA Kelas 9 Halaman 47-49

Tentunya dengan adanya file soal dan kunci jawaban mata pelajaran ipa untuk peserta didik kelas 9 di halaman 47 sampai dengan 49 semester 1 dalam format pdf tersebut akan mempermudah diri anda sendiri. Di mana anda tidak membutuhkan bantuan koneksi internet untuk membukanya. Mudah bukan?

soal-dan-kunci-jawaban.pdf 104kb

Apabila soal yang disajikan di dalamnya berisi tentang materi sistem reproduksi manusia, maka begitu pula dengan kunci jawabannya. Di mana pastinya kunci jawabannya juga membahas tentang soal-soal sistem reproduksi manusia pula.

Lihat Juga:

Dengan begitu dapat dikatakan bahwa pembuatan kunci jawaban ini sangat penting bagi para peserta didik. Hal ini tak lain karena para peserta didik kelas 9 yang ada di semester 1 tersebut akan lebih mudah lagi dalam membahami soal-soal karena sudah ada penjelasan di dalamnya.

Tetapi tahukah anda bahwa manfaat dari keberadaan kunci jawaban mata pelajaran ipa untuk para peserta didik kelas 9 pada halaman 47 sampai dengan halaman 49 semester 1 ini mempunyai manfaat bagi para guru dan orang tua? Hal ini tak lain karena mereka mampu menggunakannya sebagai buku pedoman.

Posting Komentar untuk "Kunci Jawaban IPA Kelas 9 Halaman 47 48 49 Semester 1 Aktivitas 2.2 Buku Siswa"