√ Kunci Jawaban PAI Kelas 5 Halaman 35 36 Ayo Berlatih Pelajaran 4 Buku Siswa - Noes
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kunci Jawaban PAI Kelas 5 Halaman 35 36 Ayo Berlatih Pelajaran 4 Buku Siswa

Kunci Jawaban PAI Kelas 5 Halaman 35 36 - Mulai dari pelajaran 4 mata pelajaran Pendidikan Agama Islam untuk kelas 5 ini akan membahas mengenai bulan Ramadan yang Indah. Teori berupa pengajaran mengenai bulan Ramadan hingga masuk syawal idul fitri. Beberapa materi akan diterapkan juga pada beberapa soal latihan.

Kunci Jawaban PAI Kelas 5 Halaman 35-36

Materi dibagi menjadi beberapa tahap pengajaran dan penjabaran. Setelah itu , baru diberikan soal-soal pelatihan yang bisa diikuti dengan kunci jawaban PAI kelas 5 halaman 35, 36. Pemberian materi dibagi menjadi dua halaman yang tertera, begitupun dalam penjabaran juga akan dibagi pada dua halaman.

Dalam 1 bab mengenai ‘Bulan Ramadhan Yang Indah’terdapat 3 pembahasan materi, yang juga akan dibagi dalam 2 halaman beserta soal-spal latihan. Terdapat pembahasan yang sudah dijelaskan, yaitu Puasa di bulan Ramadan akan di sayang Allah, Memperbanyak kebaikan di bulan Ramadan, dan manfaat puasa Ramadan.

Barulah setelah pembahasan dijabarkan secara teori satu persatu, dalam setiap pembahasan akan diadakan pelatihan pada ‘Ayo Berlatih’. Setelah semua materi selesai lengkap dengan latihan, dalam beberapa bab akan diadakan uji materi perbab secara keseluruhan materi.

Kunci Jawaban PAI Kelas 5 Halaman 35 dan 36

Dalam membahas materi dalam satu bab dibagi tiga pembahasan diikuti soal latihan. Untuk pembahasan pertama pada halaman 35, membahas dan menjabarkan Puasa di bulan Ramadan akan disayang Allah. Pembahasan mengenai tata cara puasa, doa puasa dan segala macam yang membatalkan puasa di bulan Ramadan.

Lihat Juga:

Begitu penjabaran untuk pembahasan materi pertama selesai, langsung tersedia soal latihan yang merujuk pada materi tersebut. Pelatihan tidak akan langsung dalam jumlah soal yag banyak, hanya untuk bertujuan mengulang kembali dalam bentuk soal pertanyaan. Soal latihan dapat diarahkan pada kunci jawaban PAI kelas 5 halaman 35, 36.

Penjabaran mengenai bulan Ramadan dan pengertiannya, serta kebaikan yang harus silakukan selama berpuasa di bulan Ramadan semua masuk dalam pembahasan pertama di halaman pertama bab 4 ini.

Kunci Jawaban PAI Kelas 5 Halaman 35

A. Bacalah secara cermat percakapan singkat di bawah ini. Apa pelajaran yang kamu peroleh? Jelaskan.

Soal :
"Mengapa wajahmu kurang ceria hari ini, ada apa?” tanya Ali kepada feri. “Kamu kan tahu Ali, sekarang ini bulan Ramadhan, saya sedang berpuasa,“ jawabnya. “Ooo, kamu sedang berpuasa, baguslah. Tetapi, kenapa kamu kelihatan begitu lemas?”. Saya berniat berpuasa penuh satu bulan tahun ini sebab tahun-tahun sebelumnya puasa saya selalu bolong. “Tidak mengapa lapar dan lemas, asal disayang sama Allah Swt,” Jawab Feri. “Niatmu bagus sekali Fer. Selama ini, saya melaksanakan puasa penuh satu bulan, karena berharap kasih sayang Allah Swt., timpal Ali”.

Berpuasa haru diawali dengan niat karena Allah Swt. Berpuasa dengan tujuan mengharapkan kasih sayang Allah Swt, bukan berpuasa karena terpaksa atau mengharapkan imbalan dari orang lain.

B. Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut dengan benar dan jelas.

1. Sebutkan arti penggalan ayat yang terdapat dalam Q.S. al-Baqarah/2: 183. . Kutiba Artinya ....

Kutiba artinya wajib atau diwajibkan. Wajib bagi orang-orang yang beriman berpuasa. Wajib artinya dikerjakan berpahala ditinggalkan berdosa.

2. Orang yang berpuasa akan meraih takwa. Apa arti takwa? Jelaskan.

Takwa artinya melakukan semua perintah Allah Swt. dan menghindari semua larangan-Nya.

3. Sebutkan arti puasa menurut bahasa Arab?

Puasa dalam bahasa Arab disebut £aum atau £iyām, artinya menahan diri dari segala sesuatu, seperti menahan makan, minum, nafsu, dan menahan berbicara yang tidak bermanfaat.

4. Sebutkan arti puasa menurut ajaran Islam.

Puasa menurut ajaran agama Islam artinya menahan diri dari hal-hal yang membatalkannya sejak terbit fajar sampai terbenam matahari, dengan niat dan beberapa syarat.

5. Apakah boleh orang hilang akal berpuasa? Jelaskan.

Boleh, Karena orang hilang akal hukumnya tidak di wajibkan untuk berpuasa, jika orang gila kumat-kumatan maka selama dia mampu dan mau berpuasa di perbolehkan.

6. Apakah sah puasa orang yang sudah mumayyiz? Jelaskan.

Tergantung dengan syarat sah puasa yang lainnya, Karena orang yang sudah mumayyiz jika tidak memenuhi 4 syarat sah lainnya maka pusanya juga tidak sah.

7. Apa arti mumayyiz? Jelaskan.

Mumayyiz/Tamyiz, artinya cerdas dan dapat membedakan antara yang baik dan buruk.

8. Rukun puasa ada dua. Jelaskan keduanya.

Penjelasan rukun puasa:

  • Pertama, berniat, yaitu menyengaja puasa Rama«ān. Waktunya setelah matahari terbenam sampai sebelum terbit fajar Çaddiq.
  • Kedua, menahan dari segala yang dapat membatalkan puasa mulai dari terbit fajar Çaddiq hingga terbenam matahari.

9. Jelaskan sesuai pengetahuanmu dua manfaat orang yang berpuasa.

Penjelasannya:

  • Melatih Kejujuran. Meskipun tidak ada yang melihat, kita tetap tidak makan dan minum karena kita yakin Allah Swt. Maha Melihat.
  • Menanamkan Rasa Kasih Sayang. Dengan berpuasa, kita dapat merasakan penderitaan orang lain. Banyak di antara mereka kelaparan dan kehausan. Sesama manusia, kita harus mengasihi dan menyayangi dengan memberikan bantuan agar mereka juga merasakan kebahagiaan.

10. Apakah terdapat hubungan antara puasa dengan sabar? Jelaskan.

Iya, Karena berpuasa melatih kesabaran, sabar menahan hawa nafsu, sabar dalam segala hal demi menjaga perbuatan yang bisa membatalkan puasa. Jadi puasa sangat berhubungan dengan sabar.

Kunci Jawaban PAI Kelas 5 Halaman 36

C. Tanggapilah pernyataan-pernyataan ini dengan jujur, sesuai dengan keyakinanmu.

Tugas Kelompok
Bersama temanmu, diskusikan tentang kegiatan pada bulan Ramadan untuk memperoleh takwa. Kemudian, sampaikan hasil diskusi tersebut di depan temantemanmu yang lain.

Kegiatan tersebut diantaranya:

  • Mengikuti pengajian sebelum Berbuka puasa
  • Mengikuti sholat Tarawih dengan khusyu

Download Soal dan Kunci Jawaban PAI Kelas 5 Halaman 35-36

Dalam melakukan pelatihan pada tiap bab dan tiap materi pembahasan selesai, pastinya akan diikuti dengan kunci jawaban PAI kelas 5 Halaman 35, 36. Materi, soal dan kunci jawaban dapat diunduh langsung dengan format PDF. Dengan begitu, siswa bisa mempraktekkan pendalaman materi dari hasil unduhan tersebut.

soal-dan-kunci-jawaban.pdf 211kb

Untuk halaman berikutnya pada hikmah bulan Ramadan dan tata cara berpuasa, dilengkapi dengan penambahan materi yang berhubungan dengan bulan Ramadan dan berpuasa. Karena, pada pembahasan berikutnya adalah berbuat kebaikan di bulan Ramadan termasuk juga berpuasa. Semua akan dijabarkan satu persatu dan saling berkaitan.

Lihat Juga:

Selain itu, ada juga materi mengenai manfaat berpuasa dimana siswa akan diajarkan mengenai bagaimana tata cara berpuasa yang benar dan siswa juga diajarkan untuk mulai siap untuk berpuasa. Dalam 2 halaman dibagi menjadi 3 pembahasan bertahap, dengan bentuk materi dan soal hingga pembahasan yang terakhir. Barulah soal pelatihan ujian pada bagian akhir.

Melalui semua materi PAI dari 3 pembahasan, semuanya saling terkait dan berkesinambungan. Dimulai dari indahnya bulan Ramadan, manfaat puasa dan berbuat kebaikan pada bulan Ramadan. Setelah semua pembahasan dijabarkan, diharapkan dengan mengikuti semua materi maka siswa dapat memahami mengenai bulan Ramadan dan semua kegiatan yang dilakukan.

Posting Komentar untuk "Kunci Jawaban PAI Kelas 5 Halaman 35 36 Ayo Berlatih Pelajaran 4 Buku Siswa"