√ Kunci Jawaban PAI Kelas 5 Halaman 56 57 Ayo Berlatih Pelajaran 6 Buku Siswa - Noes
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kunci Jawaban PAI Kelas 5 Halaman 56 57 Ayo Berlatih Pelajaran 6 Buku Siswa

Kunci Jawaban PAI Kelas 5 Halaman 56 57 - Untuk bab 6 akan membahas ‘Mari belajar Al-Quran Surat Al Maun’. Dimana dalam bahasan ini akan mengkaji dan membedah surat Al-Maun tersebut. Ada 4 pembahasan dalam 1 bab beserta kegiatannya, yaitu membaca surat al-Maun, menghafalkan surat Al-Maun, menulis suart Al-Maun, dan terakhir mengartikan makna surat Al-Maun.

Kunci Jawaban PAI Kelas 5 Halaman 56-57

Terbagi dalam dua tahap pada dua halaman. Tahap pertama adalah membaca dan menghafalkan, dan kedua adalah menulis dan mengartikan. Untuk bab ini mungkin akan lebih banyak pelatihan soal essay. Selain itu, untuk soal pelatihan biasa mungkin lebih kepada penghafalan surat dan ayatnya.

Tetap saja setelah mengerjakan pelatihan soal siswa harus mengeceknya pada halaman kunci jawaban PAI kelas 5 halaman 56, 57. Untuk memastikan bahwa jawaban siswa adalah benar dan bisa lebih mempelajari jika sudah menyamakan jawaban pada kunci jawabannya.

Dalam pemahaman materi, untuk pembahasan kali ini lebih fokus hanya pada surat Al-Maun. Oleh karena itu, untuk pemahaman akan lebih mudah.

Kunci Jawaban PAI Kelas 5 Halaman 56 dan 57

Pada tahap pertama, yaitu untuk halaman pertama di halaman 56 akan dibahas mengenai cara membaca surat dengan baik dan benar. Setelah itu untuk menghafalkannya. Dua hal tersebut lebih pada praktek dibandingkan teori.

Lihat Juga:

Namun, untuk teorinya dapat dilihat pada soal pelatihannya. Sehingga, siswa harus benar-benar memahami isi surat dengan tanda baca dalam Al-Quranya. Setelah itu, barulah mencoba soal latihan teori yang diambil dari pelafalan surat tadi. Karena, akan ada teorinya juga mengenai tanda baca. Pastikan Anda mencocokan dengan kunci jawaban PAI kelas 5 halaman 56, 57.

Setelah mempelajari cara baca dan menghafal suratnya, itulah yang akan ada dalam soal pelatihan. Dengan mengetahui tata cara dasar mengaji membaca Al-Quran maka Anda akan tahu dalam mengisi soal-soal pelatihan. Selain itu, hafalan tersebut juga bisa menjadi bahan untuk soal pelatihan.

Kunci Jawaban PAI Kelas 5 Halaman 56

Ayo Berlatih
A. Bacalah secara cermat percakapan singkat di bawah ini. Apa pelajaran yang kamu peroleh dari cerita tersebut? Jelaskan.

Lina dan Kartini berteman. Lina bertanya pada Kartini “Mengapa beberapa hari ini tugas-tugas sekolahmu selalu terlambat diserahkan ke ibu guru , ada apa?” tegur Lina. “O iya, aku juga tidak tahu, mengapa akhir-akhir ini aku kurang semangat membuka buku pelajaran ya,” jawab Tini. Lina: “Barangkali kamu sudah jarang membaca al-Qur’an ya?” “memang yang kamu duga itu benar Lin” jawab Tini. Nah kalau begitu, nanti malam mulailah kamu membaca al-Qur’an, Bukankah ibu guru pernah mengatakan kalau membaca al-Qur’an dapat menghilangkan kegelisahan dan bahkan dapat memicu semangat belajar, sambung Lina. “Insya Allah mulai nanti malam aku akan membaca al-Qur’an, doakan ya”, balas Tini.

Rajin-rajinlah membaca Al-Qur’an karena dengan membaca al-Qur’an selain beibadah kepada Allah dan mendatangkan pahala, membaca al-Qur’an juga dapat menghilangkan kegelisahan dan bahkan dapat memicu semangat belajar. Untuk itu jangan jauh-jauh dari al-Qur’an, jadikan al-Qur’an teman hidup agar setiap hari membacanya.

Kunci Jawaban PAI Kelas 5 Halaman 57

B. Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut dengan benar dan jelas.

1. Siapakah pendusta agama menurut surat al-Ma’un?

Orang yang menghardik anak yatim dan Orang yang tidak menganjurkan memberi makan orang miskin.

2. Sebutkan ciri orang yang celaka menurut surat al-Ma’un?

Ciri orang yang celaka menurut surat al-Ma’un, yaitu: Orang yang lalai dari Salatnya dan Berbuat ria (mempertontonkan amal perbuatan baiknya kepada orang lain), dan Orang yang enggan (menolong dengan) memberikan bantuan barang berguna.

3. Apa yang dimaksud dengan menghardik anak yatim? Jelaskan.

Menghardik maksudnya membentak atau menyakiti fisik maupun perasaannya. Misalnya mengatakan kepada mereka “Hei anak yatim”.

4. Pada ayat ketiga Surat al-Ma’un berbunyi “tidak menganjurkan memberi makan orang miskin”? Jelaskan.

Tidak menganjurkan memberi makan orang miskin maksudnya menyayangi dan memberi makan orang-orang miskin. Sudah menjadi kewajiban bagi orang yang punya (kaya) membantu orang yang tak berpunya (miskin).

5. Sebutkan arti surat al-Ma'un ayat ke 3

Tidak menganjurkan memberi makan orang miskin

C. Tanggapilah pernyataan-pernyataan ini dengan jujur, sesuai dengan keyakinanmu.

1. Yakin bahwa surat al-Ma’un bagian dari al-Qur’an.

(S - Setujuh) Karena surat al-ma'un merupakan wahyu allah yang diturunkan untuk umat manusia

2. Sangat beruntung orang yang menghafal surat al-Ma’an.

(S – Setujuh) Alasannya karena bisa dibaca ketika sudah membaca surat al-ftiha pada saat menunaikan sholat.

3. Jangan menghardik anak yatim.

(S – Setujuh) karena,menghardik anak yatim temasuk ke dalam orang-orang yang mendustakan agama dan sangat di benci oleh Allah swt.

4. Tidak perlu saling membantu.

Tidak Setujuh (TS), Karena masih banyak orang-orang yang terkena bencana yang memerlukan uluran tangan kita semua.

5. Kemiskinan harus diatasi sendiri.

Tidak Setujuh (TS), Karena didalam kekayaan orang kaya terdapat hak-hak orang miskin yang harus dikeluarkan melalui zakat dan orang fakir miskin di pelihara oleh negara artinya dibantu pemerintah.

Download Soal dan Kunci Jawaban PAI Kelas 5 Halaman 56-57

Lakukan pengunduhan di bagian bawah materi, untuk mendapatkan materi dan soal pelatihan beserta kunci jawaban PAI Kelas 5 Halaman 56, 57 pada pembahasan materi. Hasil unduhan bisa diakses di ponsel masing-masing dengan format PDF. Untuk makin memperdalam teori materi dan mempelajari secara mandiri, praktekan cara mengunduh tadi.

soal-dan-kunci-jawaban.pdf 98kb

Selanjutnya untuk pembahasan berikutnya mengenai tema pembahasan surat Al-Maun ini, adalah menulis surat Al-Maun dan mengartikan maknanya. Dalam hal ini juga lebih banyak prktek dibandingkan teori. Tapi bukan berarti tidak ada pembahasan teori yang akan dijadikan soal pelatihan.

Lihat Juga:

Awal pembahasan materi dengan menuliskan surat, baru setelah itu mengartikannya kata per kata. Dari bahan itulah yang bisa dijadikan soal pelatihan dan perlu dipelajari oleh siswa. Jika semua praktek sudh dilakukan dan materi sudah dipahami, maka artinya siswa tinggal mencoba untuk melakukan pelatihan pada soal-soal.

Pahami benar-benar dalam mengartikan makna dari surat Al-Maun tersebut. Agar Anda bisa memahami juga soal yang diberikan, biarpun Anda bisa menggunakan kunci jawaban. Karena, pada dasarnya melakukan dan mengerjakan soal-soal latihan ini adalah latihan untuk menghadapi ujian umum nnatinya.

Setelah semua pembahasan selesai, dan latihan sudah selesai dikerjakan maka coba untuk mengerjakan ujian latihan per bab.

Posting Komentar untuk "Kunci Jawaban PAI Kelas 5 Halaman 56 57 Ayo Berlatih Pelajaran 6 Buku Siswa"