√ Kunci Jawaban PAI Kelas 5 Halaman 88 89 Ayo Berlatih Pelajaran 10 Buku Siswa - Noes
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kunci Jawaban PAI Kelas 5 Halaman 88 89 Ayo Berlatih Pelajaran 10 Buku Siswa

Kunci Jawaban PAI Kelas 5 Halaman 88 89 - Bab 10 pada mata pelajaran Agama Islam kali ini membahas mengenai ‘Kisah Teladan Lukman’ yang akan dibahas dalam 2 halaman yang sudah ditentukan. Adapun pembahasan materi mengenai siapa itu Lukman, dan mengenai Lukman yang suka bersyukur. Serta bagian ketiga yang membahas Nasihat Luqman Pada Anaknya.

Kunci Jawaban PAI Kelas 5 Halaman 88-89

Dalam 3 pembahasan materi akan dibagi pada 2 halaman yang tersedia. Yaitu, pembahasan pertama dan kedua akan dibahas dalam satu halaman. Sedangkan 1 bahasan terakhir hanya dalam 1 halaman penuh. Setiap masing-masing halam akan disediakan soal-soal latihan mengenai materi yang sebelumnya di bahas.

Setiap selesai pelatihan pun akan diberikan kunci jawaban PAI kelas 5 Halaman 88, 89 guna memberikan petunjuk atas soal-soal latihan yang sudah dikerjakan. Begitupun pada bagian kedua juga akan dilakukan hal yang sama hingga menuju soal uji kompetensi.

Kunci Jawaban PAI Kelas 5 Halaman 88 dan 89

Setelah masuk dalam materi per materi, maka akan dibahas dulu mengenai siapa itu Lukman, dan bagaimana pribadinya serta keluarganya. Diikuti dengan pembahasan bahwa Lukman adalah orang yang suka bersyukur.

Lihat Juga:

Pembahasan materi mengenai Lukman langsung dibahas dalam satu kali pemaparan materi, dan membahas semua mengenai semua tentang Lukman secara lengkap.

Selesai membahas semua materi pada halaman pertama, dilanjutkan dengan menjalani res soal-soal latihan. Dengan bantuan kunci jawaban PAI kelas 5 Halaman 88, 89 untuk pedoman memperdalam materi agar makin memahami materi dan bisa melanjutkan mengerjakan semua soal latihan.

Pahami materi satu persatu, bisa juga dilakukan dengan memahami melaui soal latihan agar lebih efektif. Dengan begitu, Anda bisa mempelajari materi sekaligus menguji kemampuan siswa saat mengisi soal-soal pada latihan yang disediakan.

Kunci Jawaban PAI Kelas 5 Halaman 88

Tugasku
Insya Allah aku melaksanakan tugas!

1. Tulislah Q.S. Luqmān/31: 17!

يَا بُنَيَّ أَقِمِ الصَّلَاةَ وَأْمُرْ بِالْمَعْرُوفِ وَانْهَ عَنِ الْمُنْكَرِ وَاصْبِرْ عَلَىٰ مَا أَصَابَكَ ۖ إِنَّ ذَٰلِكَ مِنْ عَزْمِ الْأُمُورِ

2. Tulislah arti Q.S. Luqmān/31: 17!

Hai anakku, dirikanlah shalat dan suruhlah (manusia) mengerjakan yang baik dan cegahlah (mereka) dari perbuatan yang mungkar dan bersabarlah terhadap apa yang menimpa kamu. Sesungguhnya yang demikian itu termasuk hal-hal yang diwajibkan (oleh Allah).

3. Ceritakan nasihat Luqmān kepada anaknya yang terdapat dalam Q.S. Luqmān/31: 17!

(Hai anakku, dirikanlah salat dan suruhlah manusia mengerjakan yang baik dan cegahlah mereka dari perbuatan mungkar serta bersabarlah terhadap apa yang menimpa kamu) disebabkan amar makruf dan nahi mungkarmu itu. (Sesungguhnya yang demikian itu) hal yang telah disebutkan itu (termasuk hal-hal yang ditekankan untuk diamalkan) karena mengingat hal-hal tersebut merupakan hal-hal yang wajib.

Ayo Berlatih
A. Jawablah pertanyaan pertanyaan di bawah berikut ini dengan dan jelas!

1. Jelaskan isi kandungan surat Luqman.

Isi kandungan surat Luqman antara lain :

  • Q.S. Luqmān/31: 12 Isi kandungannya tentang Luqman adalah seorang hamba Allah Swt. yang telah dianugerahi-Nya hikmah, yaitu selalu bersyukur. Luqman selalu bersyukur atas nikmat yang ia peroleh.
  • Q.S. Luqmān/31: 13 Isi kandungannya tentang Nasihat Luqman kepada Anaknya agar Jangan berbuat Musyrik atau Menyekutukan Allah Swt.
  • Q.S. Luqmān/31: 17 Isi kandungannya tentang Nasihat Luqman kepada Anaknya agar Hendaklah Berbuat Kebajikan
  • Q.S. Luqmān/31: 18 Isi kandungannya tentang Nasihat Luqman kepada Anaknya agar Jangan Angkuh dan Sombong

2. Apa saja nasihat Luqman kepada putranya? Jelaskan.

Berikut nasihat Luqman kepada putranya :

  • Jangan Musyrik atau Menyekutukan Allah Swt. Mempersekutukan artinya menyerupakan sesuatu dengan Allah Swt. Misalnya menjadikan matahari sebagai Tuhan lalu disembah. Membuat batu atau patung sebagai Tuhan lalu disembah. Menjadikan kayu besar sebagai Tuhan lalu dipuja-puja dan disembah.
  • Jangan Angkuh dan Sombong. Luqmān mengajarkan kepada anaknya untuk berperilaku rendah hati, tidak angkuh dan sombong. Misalnya bertemu teman mengucapkan salam sambil menyapa “apa kabar?” Jangan tak acuh terhadap orang lain, angkuh, dan merasa hebat sendiri. Misalnya; merasa paling cakap, paling ganteng, paling kaya, paling pintar, dan paling hebat. Kalau berjalan dengan melenggang lenggok yang dibuat-buat, memuji diri sendiri dan sebagainya.
  • Hendaklah Berbuat Kebajikan. Kerjakanlah sesuatu yang baik. Misalnya, perbuatan berikut ini. Rajin Beribadah dan Berdoa, Dirikanlah salat wajib maupun salat sunah dan lain sebagainya.

3. Mengapa kita dilarang menyekutukan Allah Swt.? Jelaskan.

Karena orang menyekutukan Allah merupakan orang yang telah berbuat kezaliman yang besar dan akan mendapatkan dosa yang sangat besar dan sulit diampuni. Selain itu, mereka yang menyekutukan Allah SWT dengan menyembah makhluk lain sudah merusak keimanannya terhadap Allah SWT.

4. Ceritakan secara singkat tentang Luqmann.

Luqman Al-Hakim adalah manusia biasa yang ditinggikan derajat dan kemuliaannya oleh Allah SWT karena ia pandai bersyukur atas apapun yang Allah SWT berikan kepadanya. Luqman Al-Hakim ini diberikan Allah anugerah berupa Ilmu Hikmah sehingga ia disebut Al-Hakim atau Ahli Hikmah. Hikmah artinya adalah kebijaksanaan.

5. Mengapa Luqman diberi gelar al-Hakim? Jelaskan.

Alasan mengapa Luqman mendapat gelar Al-Hakim adalah karena ia sosok yang bijaksana. Gelar Al-Hakim sendiri artinya adalah Ahli Hikmah. Hikmah ini diartikan sebagai kebijaksanaan.

B. Tanggapilah pernyataan-pernyataan ini dengan jujur, sesuai dengan keyakinanmu

Kunci Jawaban PAI Kelas 5 Halaman 89

Tugas Kelompok
Bersama temanmu, diskusikan tentang nasihat Luqmān kepada anaknya. Kemudian, sampaikan hasil diskusi tersebut di depan teman-temanmu yang lain.

Nasihat Luqman kepada anaknya:

  • Nasihat jangan sekali kali menyekutukan Allah
  • Berbuat baik kepada kedua orangtua
  • Merasa diawasi oleh Allah SWT
  • Selalu dirikan salat
  • Jangan berlaku sombong

Download Soal dan Kunci Jawaban PAI Kelas 5 Halaman 88-89

Siswa yang ingin mendapatkan bentuk fisik dari materi, baik berupa soal beserta jawaban diharapkan bisa mengunduh pada aplikasi yang sudah ditentukan pada bagian bawah. Unduhan bisa digunakan semaksimal mungkin untuk pengulangan belajar, dengan kunci jawaban PAI kelas 5 Halaman 88, 89 sebagai panduan. Dengan harapan, hasil unduhan dalam bentuk PDF bisa bermanfaat.

soal-dan-kunci-jawaban.pdf 231kb

Pembahasan selanjutnya adalah mengenai kehidupan Lukman. Setelah itu, materi mengenai nasihat-nasihat dari Lukman untuk anaknya. Materi ini hanya untuk satu halaman terakhir, dengan penjelasan agak lebih banyak dari dua materi sebelumnya.

Lihat Juga:

Lukman terdapat dalam surat Lukman yang ada pada surat dalam Al-Quran. Secara tidak langsung akan menjelaskan mengenai suratnya. Materi ini lebih berfokus pada pemahaman, sehingga akan membutuhkan lebih banyak latihan.

Untuk itu, lanjutkan dengan latihan seperti biasa setelah pemaparan materi. Sebisa mungkin mencoba lebih banyak pelatihan soal dengan panduan kunci jawaban..setelah semua dipahami, dan mengerjakan soal pelatihan masing-masing materi maka siswa bisa menlanjutkan dengan mengerjakan soal uji kompetensi.

Dalam materi pelajaran Agama Islam kali ini, siswa akan lebih banyak memahami ayat-ayat Al-Quran. Oleh karena itu, lakukan latihan sebanyak mungkin dan pahamimakna dari ayat Al-Quran terutama pada surat Lukman tadi.

Setelah itu, fokus untuk mengerjakan tes sejenis uji kompetensi. Yaitu, tes yang menampilkan soal latihan secara keseluruhan materi. Diharapkan siswa bisa mengikuti beberapa latihan untuk terus melatih kemampuan mengingat dan memahami materi.

Posting Komentar untuk "Kunci Jawaban PAI Kelas 5 Halaman 88 89 Ayo Berlatih Pelajaran 10 Buku Siswa"