Hallo temen-temen selamat datang di blog noes🙏🥰, blog yang membahas dunia pendidikan, jawaban yang kami berikan di jamin akan kebenarannya dan semoga dapat membantu temen-temen iya. Lihar juga Jawaban pelajaran ✅kelas 7✅kelas 8✅kelas 9✅kelas 10✅kelas 11✅kelas 12
Kegiatan 2 Mengevaluasi gagasan dan pandangan dalam teks deskripsi yang disimak
1. Seandainya kalian belum pernah secara langsung berkunjung ke Candi Borobudur, dapatkah kalian seolah-olah mengindra (melihat, mendengar, merasakan) Candi Borobudur setelah menyimak teks tersebut?
Meskipun kita belum pernah secara langsung berkunjung ke Candi Borobudur, dengan menyimak teks tersebut kita dapat membayangkan pengalaman mengindra candi tersebut. Deskripsi yang detail tentang bentuk, relief, stupa, dan tingkatan candi memberikan gambaran visual yang jelas. Kita dapat membayangkan piramida atau limas segi empat yang menjulang tinggi, hamparan relief yang menceritakan kisah-kisah, teras yang membentuk lorong berputar, dan stupa-stupa kecil yang mengelilingi stupa induk. Meskipun tidak langsung, teks tersebut memungkinkan kita untuk membayangkan keindahan dan kemegahan Candi Borobudur.
2. Apa yang menarik dari penggambaran objek Candi Borobudursetelah menyimak teks tersebut?
Penggambaran objek Candi Borobudur setelah menyimak teks tersebut menunjukkan beberapa hal yang menarik. Pertama, ukuran dan kemegahan candi tersebut, yang menjadikannya sebagai candi Budha terbesar dan mewah di Indonesia. Selain itu, relief-relief yang meliputi dinding-dinding candi memberikan nilai seni dan cerita yang mendalam. Jumlah patung Budha yang banyak, termasuk patung-patung Budha kecil yang terletak di relung terbuka, juga menambah daya tarik dari objek ini. Selain itu, penggambaran tingkatan candi yang berbeda, dengan hiasan relief pada tingkat bawah, teras berputar pada tingkat kedua, dan tanpa relief di tingkat paling atas, menunjukkan kecermatan dan perencanaan arsitektur candi tersebut.
3. Mengapa narator mendeskripsikan Candi Borobudur itu mulai dari tingkat bawah sampai ke tingkat paling atas candi?
. Narator mendeskripsikan Candi Borobudur mulai dari tingkat bawah sampai ke tingkat paling atas candi untuk memberikan urutan dan pemahaman yang sistematis tentang struktur candi. Dengan memulai dari tingkat bawah, kita diperkenalkan dengan Kamadhatu yang berisi relief-relief mengenai kisah dosa. Kemudian, narator menggambarkan tingkat kedua, Rupadatu, yang memiliki teras berputar dan patung-patung Budha kecil. Terakhir, narator menjelaskan tentang tingkat paling atas, Arupadatu, yang memiliki stupa-stupa kecil dan stupa induk. Dengan demikian, penjelasan ini memberikan pemahaman yang terstruktur tentang Candi Borobudur dan membantu pembaca untuk mengikuti urutan yang logis dalam deskripsi.
4. Apakah narator berhasil menggambarkan secara rinci objek sehingga pembaca seakan-akan melihat, mendengar, atau merasakan objek yang dideskripsikan? Tunjukkan buktinya
Ya, narator berhasil menggambarkan secara rinci objek Candi Borobudur sehingga pembaca seakan-akan dapat melihat, mendengar, atau merasakan objek yang dideskripsikan. Deskripsi yang terperinci tentang bentuk candi, jumlah relief, teras berputar, patung-patung Budha, dan stupa-stupa kecil memberikan gambaran visual yang jelas. Pembaca dapat membayangkan piramida atau limas segi empat yang menjulang tinggi, hamparan relief yang menceritakan kisah-kisah, teras yang membentuk lorong berputar, dan stupa-stupa kecil yang mengelilingi stupa induk. Selain itu, deskripsi tentang jumlah relief dan patung Budha yang spes ifik memberikan gambaran yang lebih detail tentang kekayaan seni dan arsitektur Candi Borobudur.
JAWABAN bahasa indonesia kelas 11 sma halaman 6 kegiatan 2 Candi Brobudur
JAWABAN bahasa indonesia kelas 11 sma halaman 6 kegiatan 2 Candi Brobudur JAWABAN bahasa indonesia kelas 11 sma halaman 6 kegiatan 2 Candi Brobudur